Senin, 21 September 2015

Mengapa hidup ini sulit?

Adalah wajar jika hidup memiliki masalah, namun, jika masalah yang kita hadapi bertubi-tubi seperti tidak ada ujungnya, tentu ini tidak wajar, pasti ada yang salah.

Pertanyaan :
1. Apakah masalah yang bertubi-tubi itu atas seijin Allah?
2. Jika iya, apakah Allah mendzalimi kita?
3. Lalu bagaimana solusinya?

Maha Suci Allah, yang tidak sedikitpun mendzalimi hamba-hambaNya. perhatikan ayat berikut :






Artinya ==> Apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu menjadi Rasul kepada segenap manusia. Dan cukuplah Allah menjadi saksi. (QS. An Nisaa' : 79)

Dari ayat di atas, Allah menjelaskan bahwa Allah hanya memberikan kenikmatan, sedangkan bencana yang menimpa kita adalah dari dosa kita sendiri. hal ini juga dijelaskan dalam ayat yang lain, sebagai berikut :






Artinya ==> (Siksaan) yang demikian itu adalah karena sesungguhnya Allah sekali-kali tidak akan meubah sesuatu nikmat yang telah dianugerahkan-Nya kepada suatu kaum, hingga kaum itu meubah apa-apa yang ada pada diri mereka sendiri[621], dan sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Anfaal : 53)

Dari kedua ayat tersebut, kita diberikan petunjuk oleh Allah, bahwa Allah sama sekali tidak mendzalimi kita. Allah memberikan kenikmatan untuk kita, hingga kita sendirilah yang merubah nikmat Allah menjadi bencana.

Contoh :
Allah memberikan kenikmatan berupa uang. namun, anda gunakan untuk membeli minuman keras. disini anda merubah kenikmatan menjadi masalah. 
uang tadi seharusnya untuk beli makanan dan minuman untuk diri anda sendiri, sehingga pada saat anda salah dalam membelanjakannya maka anda tidak memiliki cukup uang untuk membeli makanan.
Allah mencukupkan rijki kita. namun kita sendirilah yang membuatnya menjadi sempit.

masalah atau azab adalah konsekuensi dari DOSA.

Sehingga jika anda ingin mengakhiri awan azab yang menyelimuti anda maka syaratnya adalah TERBEBAS dari DOSA.
bagaimana caranya terbebas dari dosa?
BERTAUBAT.

1. Apakah taubat kita diterima? Bukankah Allah Maha Pengampun.
2. Bukankah setiap manusia tidak bisa lepas dari dosa dan kesalahan? itulah mengapa kita harus bertaubat setiap hari.
3. Apakah setelah dosa diampuni masalah kita akan selesai? satu-satunya alasan Allah mengijinkan azab menimpa kita adalah karena kita memiliki dosa. jadi, jika Allah sudah mengampuni dosa kita maka tidak ada lagi alasan bagi Allah untuk mengazab kita, baik di dunia maupun di akhirat.
4. Lalu bagaimana cara Allah menolong kita keluar dari masalah yang rumit ini? 
Jawab : Bukankah Allah yang menciptakan langit dan bumi, apakah menolong masalah anda itu lebih sulit dari menciptakan langit dan bumi? be smart.

Perhatikan ayat berikut ini :




Artinya ==> Jika Allah menolong kamu, maka tak adalah orang yang dapat mengalahkan kamu; jika Allah membiarkan kamu (tidak memberi pertolongan), maka siapakah gerangan yang dapat menolong kamu (selain) dari Allah sesudah itu? Karena itu hendaklah kepada Allah saja orang-orang mukmin bertawakkal. (QS. Ali 'imraan : 160)

Kesimpulan :
untuk mengakhiri awan azab dan gelombang masalah yang anda hadapi, lakukan hal berikut :
1. Bertaubatlah, untuk dosa-dosa anda di masa lalu.
2. Senantiasa bertaubat, untuk menjaga munculnya dosa baru.
3. Minta tolong hanya kepada Allah, dan biarkan Allah yang menolong anda, karena anda tidak akan mampu menyelsainkannuya sendiri.


Semoga bermanfaat, 
Wallahu a'lam bishshowab.


Dwi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar